Archive for the ‘Area52Computer_Zone’ Category

h1

PHP, explode() function

October 21, 2008

Si guru minta supaya setiap artikel ga ditampilin smua, jadi kaya wordpress gt, ad read more nya (what the heck man…banyak amit mwnya…kaga di gaji pula gw) setelah baca di id2.php.net, gw nemu fungsi explode() gunanya bwat mecah karakter string 😀

Belom gw coba sih di webnya, cuman menurut id2.php.net

explode ( string $delimiter , string $string [, int $limit ] )

Nah langsung gw coba deh

$yangki = "Yangki tuh ganteng baik cakep apa ga narsis ya gw";
$karakter = explode(" ",$yangki);
echo $karakter[0]; //Yangki
echo $karakter[1]; //tuh

Apa artinya?? fungsi dari explode() tuh bwat mecahin string menjadi beberapa string, tau kan kalo string tuh kumpulan dari array? misalnya

YANGKI , kata[0] // Y, kata[1] // A, dan seterusnya

Jadi fungsi explode() bwat mecah satu string yang panjang banget, dengan pembatas() spasi ( ” ” ) kalo di fungsi explode() pembatasnya kosong “” , fungsi ni akan error 🙂 harus ad pembatasnya. Limit berarti seberapa banyak string yang mw lu pisah2in jd array Read the rest of this entry ?

Advertisements
h1

CAPTcha apaan tuch

October 19, 2008

wahahahaha, setelah bener2 stress bkin web yang membuat awa pusing tujuh keliling… karena gurunya ga mw pk Joomla! ato WordPress.org dan sebagainya awa harus mulai dr nol (what the?)
Nah sekarang buat pengobat stress, awa mw ngeshare gmn cr bkin CAPTcha (info lebih lanjut tanya abang google aja yah)

Pertamax2 buka text editor lu, mw itu notepad++,notepad ato apa lah, trus ketikin kode ini, nah lu harus tw dasar dr CAPTcha itu, CAPTcha tuh butuh semacam fungsi bwat ngerandom angka ma huruf, nah awa buat semacam fungsi bwat ngerandom

Clik aja bwat ngegedein

yang ada d gambar itu adalah fungsi bwat ngerandom angka am huruf Read the rest of this entry ?

h1

PHP, fungsi trim(), htmlentities(), strip_tags()

October 18, 2008

Nah, berhubung awa masih ditugasin bikin website, awa ngejelasin tentang beberapa prosedur bwat ngejaga website kita dari HTML injection, dengan HTML injection, seseorang bisa mengambil cookies bisa dilihat di wikipedia

Buat nanggulangin nya, dalam script PHP, ad beberapa fungsi bwat nanggulangin ni masalah antara lain htmlentities(), trim(), am strip_tags() Read the rest of this entry ?

h1

PHP, instalasi web server apache dengan WAMP5

October 16, 2008

Mw belajar PHP? pertama2 instal dulu web server apache, bwat bisa belajar PHP. Apa aja yang dibutuhin bwat belajar PHP? note: kalo pake Linux langsung bisa, pas instalasi ad pilihan mw install web server apace ato ngga, kalo pake windows donlod dl web server apachenya trus instal

  • Web Server Apache
  • PHP
  • MySQL (bwat databasenya)

PHP, adalah bahasa scripting yang populer untuk buat website yang dinamis dan membutuhkan inputan data ke dalam database (MySQL)

Untuk memudahkan instalasi Apache,PHP,dan MySQL, awa pake WAMP5, donlod filenya disini

Cara instalasinya sangatlah mudah, istilahnya next generation, cuman next next sampe finish

Untuk tw lebih lanjut mengenai WAMP5 klik disini

Semoga membantu

Maaf kalo ad keslahan..maklum awa seharusnya bukan di bidang IT 😛

h1

Notepad Plus Plus

October 16, 2008

Pernah pake Notepad di windows? ato text editor biasa? coba deh Notepad++ buatan Sourceforge.net dibuat menggunakan bahasa C++, kelebihan dari text editor ini adalah perubahan warna pada fungsi-fungsi untuk bahsa C++, dan fungsi tersebut akan masuk dalam daftar fungsi. Jadi, dengan mudah kita bisa tw dmn letak kesalahan program yang kita buat 🙂

Screenshot na

Ampe sekarang udah ad banyak versi dari notepad++, http://notepad-plus.sourceforge.net/
Versi terakhirnya itu v5.0.3, tapi awa cuman ngeuplodin v4.9.2
Coba aja dulu juragan, notepad++ cocok bwat ngebikin program2 yang panjang2, donlod disini

h1

PHP, sedikit mengenai ngecek form

October 16, 2008

Hay2 sudah lama tidak mengepost hehehe,disebabkan ad tugas dari SMA PRI**DI bwat bkin web skolahan 😦
Skalian deh,awa mw ngasih beberapa kode2 PHP,yang mungkin berguna 🙂

Mw bikin web? trus ad form registernya?

Nah ente mw ngasih beberapa peraturan ?? misal, username harus huruf am angka aj, ngecek ap ad anggota dengan username yang sama? ok check this out Read the rest of this entry ?

h1

Cara bikin status YM

October 15, 2008

Ok pertama2, tau Yahoo Messenger kan? nah pernah liat di web/blog kayak gini?

Mw tw cara bikinnya? Read the rest of this entry ?