h1

PHP, explode() function

October 21, 2008

Si guru minta supaya setiap artikel ga ditampilin smua, jadi kaya wordpress gt, ad read more nya (what the heck man…banyak amit mwnya…kaga di gaji pula gw) setelah baca di id2.php.net, gw nemu fungsi explode() gunanya bwat mecah karakter string😀

Belom gw coba sih di webnya, cuman menurut id2.php.net

explode ( string $delimiter , string $string [, int $limit ] )

Nah langsung gw coba deh

$yangki = "Yangki tuh ganteng baik cakep apa ga narsis ya gw";
$karakter = explode(" ",$yangki);
echo $karakter[0]; //Yangki
echo $karakter[1]; //tuh

Apa artinya?? fungsi dari explode() tuh bwat mecahin string menjadi beberapa string, tau kan kalo string tuh kumpulan dari array? misalnya

YANGKI , kata[0] // Y, kata[1] // A, dan seterusnya

Jadi fungsi explode() bwat mecah satu string yang panjang banget, dengan pembatas() spasi ( ” ” ) kalo di fungsi explode() pembatasnya kosong “” , fungsi ni akan error🙂 harus ad pembatasnya. Limit berarti seberapa banyak string yang mw lu pisah2in jd array

Contoh

$yangki = "Yangki tuh ganteng baik cakep apa ga narsis ya gw";
$karakter = explode(" ",$yangki,3);
echo $karakter[0];
echo $karakter[1];
echo $karakter[2];

Apa yang terjadi hasilnya akan, menjadi

Yangki
tuh
ganteng baik cakep apa ga narsis ya gw

Karena dengan limit, lu bisa nentuin berapa banyak array dari string yang dipecah🙂 gw mw string $yangki dipecah cuman ampe 3 array, nah hasilnya gitu deh😀

Kalo ad yang salah maafkan, gw g ahli dalam bidang ini…maafkan yah juragan,cuman mw bantu aja…

CMIIW

6 comments

  1. wah masa saya blom bisa bhs pemrograman😦
    saya masi smt satu blom blajar
    jadi blom ngerti..

    hehe sama ko juragan🙂 cmn belajar dr internet ni juga🙂


  2. bisa dicoba nih…
    meskipun agak bingung..

    coba aja juragan🙂 ntar awa kasih tw gimana caranya bkin read more… di web


  3. saya masih terlalu bodoh untuk bljar yang beginian..
    huhh*

    lam knall..😉

    lam kenal juga juragan🙂 hehe awa juga masih pemula ko🙂 makasih ya dah mampir juragan


  4. asyik banget tuh…

    😛 halo bang napi, cuman tuntutan pekerjaan nich hehe


  5. aduh bagus nih
    tapi aku masih terlalu awam di sini
    jadi radak ngk nyambung🙂

    sama ko juragan, gw juga masih awam🙂 kan tak kenal maka tak sayang😛 (gag nyambung yah)


  6. Walah gak mudeng aku…

    utak-atik VB aja ahhh

    PHP gampang ko juragan🙂 tapi beda am VB, PHP ga ada GUI nya hehehe, GUInya palingan HTMLnya itu sendiri (sory kalo salah😛 )



Leave a Reply

